Kata "Islam" berasal dari bahasa Arab yaitu aslama - yuslimu yang artinya tunduk dan patuh, berserah diri, menyerahkan, memasrahkan, mengikuti, menunaikan, menyampaikan, masuk dalam kedamaian, keselamatan, atau kemurnian. Wahyu pertama diturunkan Allah SWT melalui Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW di Gua Hira'. Rasulullah mulai menyebarkan agama Islam secara terbuka di kota Mekah yang awalnya banyak pertentangan oleh kaum Quraisy. Kemudian Rasulullah beserta pengikutnya hijrah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Tahun ini juga merupakan permulaan perhitungan kalender Islam dengan acuan peredaran bulan ditandai dengan munculnya bulan sabit pertama kali (hilal).

Di kota Madinah, Rasulullah menyatukan kaum Anshar (Madinah) dan kaum Muhajirin (Mekah). Dengan adanya perjanjian Hudaibiyah, akhirnya banyak penduduk Mekah yang memeluk agama Islam. Rasulullah wafat pada usia 61 tahun dengan hampir seluruh Jazirah Arab telah memeluk agama Islam. Kepemimpinan Islam dilanjutkan oleh para sahabat yang telah mendapat petunjuk atau dikenal dengan Khulafaur Rasyidin yaitu Abu Bakar Ash-Shidiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abu Thalib. Setelah periode Khulafaur Rasyidin, kepemimpinan umat Islam berganti dengan Khalifah, seperti Amirul Mukminin, Sultan, dan sebagainya. Khalifah ditentukan secara turun-temurun dalam satu Bani atau dinasti seperti Bani Umayyah, Bani Abbasiyyah, Bani Utsmaniyyah.
BULAN SUCI RAMADHAN
Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dimana banyak amal dan pahala yang berlipat ganda saat dilaksanakan pada bulan tersebut. Umat Islam di wajibkan menjalankan Rukun Islam yang ke-4 yaitu berpuasa mulai dari terbit fajar sampai tenggelam matahari selama sebulan penuh. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 183,
al-baqarah-183

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa."

Banyak hikmah bulan suci Ramadhan, diantaranya mengajarkan untuk bisa menahan dari segala bentuk emosi dan nafsu yang datangnya dari godaan syetan, memperbanyak ibadah-ibadah sunnah karena pahala yang didapat lebih besar, berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan, membersihkan jiwa dan raga, merasakan betapa besar nikmat dari Allah yang telah kita terima, serta masih banyak lagi. Ketentuan-ketentuan Allah SWT tentang puasa Ramadhan sangat mulia bagi orang yang beriman agar bisa menjadi orang yang bertaqwa. Dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 185 juga dijelaskan perihal kewajiban muslim dalam menjalankan puasa di bulan Ramadhan,
al-baqarah-185

Artinya: "Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur."

Syarat-syarat sah berpuasa diantaranya, beragama Islam, Baligh dan berakal, muqim (tidak sedang safar), suci dari haid dan nifas, mampu berpuasa, serta berniat. Puasa mengajarkan kesabaran dalam menjauhi hal yang dilarang Allah, ikhlas terhadap takdir Allah atas cobaan dan kesulitan.
EXIT
niat-puasa
"Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillahi ta'ala"
"Artinya: "Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala."
Sahur merupakan aktivitas makan yang dilakukan sebelum imsak (subuh) bagi yang akan menjalankan ibadah puasa. Banyak keberkahan dalam sahur selain sebagai ibadah juga ada banyak manfaat jika dilakukan. Waktu sahur diantara sepertiga penghujung malam, sehingga bisa melakukan ibadah sunnah sebelum sahur seperti shalat tahajjud dan berdzikir. Shalat Tahajjud sebagai sarana untuk meraih keridhaan Allah, kecintaan para malaikat, mendatangkan kesehatan, keselamatan, dan kesenangan di dunia dan akhirat, menghapus dosa-dosa dan menghindarkan dari kesepian dialam kubur, mengharumkan bau tubuh, menjaminkan baginya kebutuhan hidup, menjadi hiasan surga, serta masih banyak lagi. sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Isra ayat 79:
al-isra-79-tahajjud
Artinya : "Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajjud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji."
Sahur adalah berkah walaupun hanya dengan seteguk air, karena Allah dan para malaikat-Nya bershalawat atas orang-orang yang makan sahur. Usahakan makanan yang dikonsumsi saat sahur dengan menu dan nutrisi yang cukup sebagai bekal aktivitas di siang hari selama berpuasa. Hindari asumsi karbohidrat yang tinggi atau terlalu rendah karena akan terjadi lonjakan dan penurunan gula darah dalam tubuh menjadi tidak seimbang membuat cepat lapar. Juga hindari makanan dengan kadar garam tinggi karena membuat cepat haus. Akan lebih baik makanan pada saat sahur benar-benar diperhatikan nutrisi yang terkandung didalam makanan tersebut agar puasa yang sedang dijalani bukan sebagai penghambat aktivitas sehingga menurunkan produktivitas kita. Siapkan menu-menu makanan sejak awal dengan makanan pokok dan pendamping yang terdapat kombinasi nutrisi yang diperlukan oleh masing-masing karena memang setiap orang berbeda kebutuhan nutrisinya. Termasuk porsi makanan juga tidak perlu berlebihan. Beberapa nutrisi yang bisa dikombinasikan sebagai menu pilihan untuk sahur:

  • Karbohidrat komplek, karena lebih lama dicerna oleh tubuh. Contoh makanan seperti nasi merah, kentang, sereal, oatmeal.
  • Protein, karena mengandung sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang bakteri dan penyakit. contoh makanan seperti daging ayam, daging ikan, telur, susu, yogurt, keju, kacang-kacangan dan biji-bijian termasuk tahu dan tempe.
  • Vitamin dan mineral, karena membantu berbagai proses metabolisme dalam tubuh. Air putih, Sayuran, dan buah yang mengandung asam folat, vitamin, zat besi, magnesium, dan serat yang tinggi.

Untuk variasi pilihan menu masakan untuk sahur bisa dilihat di website-website berikut:

EXIT
niat-buka-puasa
"Allaahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin"
Artinya: "Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu, Ya Allah yang Tuhan Maha Pengasih."
Membatalkan puasa pada waktu yang telah ditentukan harus disegerakan, tapi perlu juga memperhatikan makanan yang akan disajikan untuk berbuka agar tidak berlebihan dan mengembalikan energi, cairan tubuh, dan nutrisi yang dibutuhkan oleh organ tubuh. Makanan dan minuman harus saat berbuka harus bisa cepat mengembalikan energi dan cairan tubuh juga tidak merusak pencernaan. Diawali dengan makanan ringan yang manis seperti kurma, air putih, buah segar, baru dilanjutkan dengan hidangan pembuka atau hidangan utama.

Bulan Ramadhan juga kesempatan terbaik untuk beramal dan menuai pahala yang berlimpah. Berbagi dengan orang lain apalagi untuk orang-orang yang membutuhkan adalah berlipat-lipat pahalanya. Dengan berbagi tidak akan merugikan, malah akan bertambah rizki orang tersebut. Banyak jalan untuk berbagi rizki yang kita punya, dengan memberi makan fakir miskin, santunan kepada anak yatim, membayar zakat, memberikan infaq dan sedekah.
"Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut,tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun"
Jadikan puasa Ramadhan tahun ini sebagai bekal dan ladang amal terbaik kita untuk di akhirat nanti dan Selamat menunaikan ibadah puasa. Berikut variasi pilihan menu untuk berbuka puasa:

KUMPULAN DO'A
DO'A SEBELUM TIDUR
doa-sebelum-tidur
Bismikallaahuma ahyaa wa bismika amuut

Artinya: "Dengan menyebut nama-Mu, Ya Allah, aku hidup dan dengan menyebut nama-Mu aku mati"

DO'A BANGUN TIDUR
doa-bangun-tidur
Alhamdulillahilladzii ahyaanaa ba'da maa amaa tanaa wa ilahinnusyuur

Artinya: "Segala puji bagi Allah Yang membangunkan kami setelah ditidurkan-Nya dan kepada-Nya kami dibangkitkan"

DO'A SEBELUM MAKAN
doa-sebelum-makan
Alloohumma barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa 'adzaa bannar

Artinya: "Yaa Allah, berkatilah rezeki yang engkau berikan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa api neraka"

DO'A SESUDAH MAKAN
doa-sesudah-makan
Alhamdulillaahilladzii ath'amanaa wa saqoonaa wa ja'alnaa minal muslimiin

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami memeluk agama islam"

DO'A SESUDAH MINUM
doa-sesudah-minum
Alhamdulillaahilladzi ja'alahuu 'adzbam furootam birohmatihii wa lamyaj'alhu milhan ujaajam bidzunuubin

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami"

DO'A MASUK KAMAR MANDI
doa-masuk-kamar-mandi
Alloohumma Innii a'uudzubika minal khubutsi wal khoaaitsi

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari godaan syetan laki-laki dan setan perempuan"

SUDUT PANDANG MENETUKAN KEPUTUSAN
Bijaksana dalam menganalisa setiap sisi agar keputusan yang diambil adalah yang terbaik
KETETAPAN HATI
Seperti digital antara 1 atau 0, keraguan hadir karna prasangka. Pahami kata hati
MANFAAT ILMU
Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain termasuk ilmu yang dimiliki agar bisa memberi manfaat buat orang banyak. Karena itu salah satu amalan yang tidak akan terputus pahalanya
BAHAGIA ITU SEDERHANA
Tersenyumlah menghadapi segala hal, karna dengan senyum bisa rasakan tentang banyak hal indah yang telah didapat.