SUDUT PANDANG MENETUKAN KEPUTUSAN
Bijaksana dalam menganalisa setiap sisi agar keputusan yang diambil adalah yang terbaik
KETETAPAN HATI
Seperti digital antara 1 atau 0, keraguan hadir karna prasangka. Pahami kata hati
MANFAAT ILMU
Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain termasuk ilmu yang dimiliki agar bisa memberi manfaat buat orang banyak. Karena itu salah satu amalan yang tidak akan terputus pahalanya
BAHAGIA ITU SEDERHANA
Tersenyumlah menghadapi segala hal, karna dengan senyum bisa rasakan tentang banyak hal indah yang telah didapat.
Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan menurut empat pulau terbesarnya, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta.

Asal mula nama Raja Ampat menurut mitos masyarakat setempat berasal dari seorang wanita yang menemukan tujuh telur. Empat butir di antaranya menetas menjadi empat orang pangeran yang berpisah dan masing-masing menjadi raja yang berkuasa di Waigeo, Salawati, Misool Timur dan Misool Barat. Sementara itu, tiga butir telur lainnya menjadi hantu, seorang wanita, dan sebuah batu.

Dalam perjalanan sejarah, wilayah Raja Ampat telah lama dihuni oleh masyarakat bangsawan dan menerapkan sistem adat Maluku. Dalam sistem ini, masyarakat sekumpulan manusia. Tiap desa dipimpin oleh seorang raja. Semenjak berdirinya lima kesultanan muslim di Maluku, Raja Ampat menjadi bagian klaim dari Kesultanan Tidore. Setelah Kesultanan Tidore takluk dari Belanda, Kepulauan Raja Ampat menjadi bagian klaim Hindia Belanda.

Masyarakat Kepulauan Raja Ampat umumnya nelayan tradisional yang berdiam di kampung-kampung kecil yang letaknya berjauhan dan berbeda pulau. Mereka adalah masyarakat yang ramah menerima tamu dari luar, apalagi kalau kita membawa oleh-oleh buat mereka berupa pinang ataupun permen. Barang ini menjadi semacam 'pipa perdamaian indian' di Raja Ampat. Acara mengobrol dengan makan pinang disebut juga "Para-para Pinang" seringkali bergiliran satu sama lain saling melempar mob, istilah setempat untuk cerita-cerita lucu. Mereka adalah pemeluk Islam dan Kristen dan seringkali di dalam satu keluarga atau marga terdapat anggota yang memeluk salah satu dari dua agama tersebut. Hal ini menjadikan masyarakat Raja Ampat tetap rukun walaupun berbeda keyakinan.

Raja Ampat dapat dicapai dengan pesawat dari Jakarta atau Bali ke Sorong via Makassar atau Ambon dan Manado. Ada beberapa maskapai yang melayani rute ini seperti Garuda Indonesia, Nam Air, Sriwijaya Air, Batik Air, dan Xpress Air. Penerbangan memakan waktu kurang lebih 6 jam. Sampai di Sorong dilanjutkan dengan menyeberang ke Raja Ampat menggunakan kapal laut atau pesawat Susi Air. Kebanyakan wisatawan yang datang ke Raja Ampat saat ini adalah para penyelam. Untuk yang bukan penyelam ada sejumlah pantai berpasir putih, gugusan pulau karst dan flora dan fauna endemik seperti cendrawasih merah, cendrawasih Wilson, maleo waigeo, beraneka burung kakatua dan nuri, kuskus waigeo, serta beragam jenis anggrek.

PULAU MISOOL

raja-ampat-misool
raja-ampat-misool
raja-ampat-misool
Merupakan salah satu dari empat pulau besar di Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat yang berbatasan langsung dengan Laut Seram. Daerah ini terletak di kepala burung papua barat dan dekat dengan kota sorong. Misool terbagi atas dua bagian yaitu Misool timur selatan dan Misool barat. Terkenal dengan anekaragam budaya, adat, laut, dan darat. Pulau Misool termasuk daerah segitiga karang dunia dimana sekitar 75% ikan hias terdapat didalam lautnya. Selain itu sebagian wilayahnya adalah laut lepas sehingga menjadi jalur lintasnya hewan-hewan besar seperti ikan paus dan gurita.

Banyak keindahan alam yang bisa dikunjungi disini seperti Yapap dengan beningnya air sehingga dapat melihat ikan tanpa harus menyelam ke dalam laut. Jarak pandang untuk melihat ikan dan terumbu karang tidak terlalu dalam sehingga pemandangan sangat jelas. Ada juga Walep merupakan lokasi yang sangat tepat untuk melakukan aktivitas diving dan merupakan salah satu spot diving terbaik di wilayah Raja Ampat bagian selatan.

Terletak di Distrik Misool Selatan, laguna Berbentuk Hati di Karawapop memiliki air yang jernih juga dapat naik ke bukit. Keindahan tersembunyi di balik tebing dan batu karang dengan beberapa pepohonan hijau yang tumbuh di atas pulau-pulau batuan karst.

Ada juga danau ubur-ubur Lenmakana, ubur-ubur di danau ini tidak menyengat sehingga dapat bebas berenang dan snorkeling. Untuk mencapai danau ini cukup memakan waktu lama karena harus memanjat batu karang dan beberapa trek cukup ekstrim. Harfat Peak untuk menikmati seluruh pemandangan Pulau Misool dari atas. Jalan menuju Harfat Peak dengan anak tangga sehingga memudahkan naik ke atas. Gugusan pulau-pulau karst dapat dinikmati dengan jelas dari puncak Harfat Peak, beserta dengan perairan jernihnya.

PULAU PIANEMO

raja-ampat-pianemo
raja-ampat-star-lagoon
raja-ampat-star-lagoon
Pulau yang berada di Distrik Waigeo Barat lebih mudah dijangkau. Dari pelabuhan Waisaiyang perjalanan ke Pianemo bisa ditempuh sekitar 2 - 3 jam dengan speedboat atau kapal, tergantung keadaan cuaca. Saat yang tepat untuk mendatangi Pianemo adalah di waktu pagi dimana saat keindahan Pianemo disinari cahaya matahari pagi memantul di laut dan menerangi gugusan bukit karst. Birunya air laut secara perlahan berganti hijau bening saat mendekati gugusan pulau karang dan merapat ke dermaga. Keindahan Pianemo juga bisa dinikmati pada puncak bukit. Jalur terjal ke atas bukit bisa dilalui dengan tangga kayu berjumlah 336 anak tangga. Dari atas panggung yang dibangun tepat di puncak bukit karang akan terlihat pemandangan indah terhampar di hadapan gugusan pulau karang yang melingkar, seakan membentuk laguna hijau di tengah birunya samudera di kejauhan. Warga sekitar menjual beragam suvenir di dermaga, seperti minyak kelapa hingga suvenir khas Raja Ampat lainnya. Pulau Pianemo populer dengan sebuah tanjung yang dikelilingi pulau-pulau sehingga terlihat seperti bentuk bintang. Untuk menyaksikannya dengan jelas perlu mendaki bukit terlebih dahulu.

PASIR PUTIH TIMBUL

raja-ampat-pasir-timbul
pasir-timbul-waisai
pasir-timbul
Ada sebuah keajaiban alam di Raja Ampat Papua dimana terdapat hamparan pasir putih ditengah laut saat laut sedang surut. Untuk mencapainya dibutuhkan waktu kurang lebih 1 jam naik speedboat dari Pelabuhan Waisai. Hamparan pasir muncul ke permukaan dengan daratan putih berpasir halus dengan kedalaman laut tak sampai selutut. Bahkan bisa berjalan kaki sampai ke pulau kecil di seberang Mansuar. Warna air laut biru toska sementara di bagian laut yang agak dalam berwarna biru gelap. Keindahan alam Papua yang memiliki keajaiban tersembunyi ditengah lautan Raja Ampat.

AIR TERJUN BATANTA

air-terjun-batanta
air-terjun-batanta
air-terjun-batanta
Banyak para wisatawan yang melakukan ekpedisi atau berpetualang karena lokasinya cukup jauh dari desa terdekat menuju ke pedalaman hutan kurang lebih sejauh 1 kilometer. Saat para wisatawan berkunjung ke Raja Ampat, wisata air terjun Pulau Batanta inilah yang paling banyak dikunjungi. Jadi sudah bukan hal yang mengherankan lagi jika wisata Pulau Batanta ini dipenuhi banyak pengunjung. Ketinggiannya yang mencapai 10 meter membuat Air Terjun Batanta ini terlihat begitu megah, air terjun yang satu ini terlihat semakin indah dengan adanya bebatuan yang berada disekitarnya. Uniknya lagi di air terjun ini terdapat sebuah gua kecil yang letaknya berada dibalik air terjun tersebut. Tidak terlalu besar memang, mungkin hanya bisa menampung sekitar 5 hingga 6 orang saja. Di dalam gua bisa duduk sambil melihat pemandangan dari balik tirai air. Jika beruntung, saat berkunjung akan terlihat pelangi yang begitu indah.

Lokasi di balik air terjun ini juga menjadi spot favorit bagi wisatawan sehabis berenang, debit air yang ada di Air Terjun Batanta memang tidak terlalu besar karena lokasi disana jarang ada hujan. Untuk mengunjungi pulau yang satu ini terlebih dahulu ke Sorong kemudian menuju ke pelabuhan untuk melanjutkan perjalanan menggunakan kapal. Dari dermaga Sorong, yang merupakan pintu gerbang ke kabupaten Raja Ampat kemudian menggunakan kapal rakyat milik pemerintah setempat, ataupun menyewa speed boat ataupun long boat untuk bisa sampai ke Pulau Batanta. Dari dermaga Pulau Batanta itu lalu naik speed boat lagi untuk pergi ke Desa Arefi yang berada di sisi lain Pulau Batanta. Setelah sampai tinggal ikuti alur sungai yang mengalir dari dalam hutan bakau yang ada di pedalaman Pulau Batanta ini, air sungainya tidak terlalu dalam, jadi bisa berjalan kaki. Medan yang dilalui cukup licin karena memasuki hutan bakau yang berlumpur. Setelah menyusuri sungai selama kurang lebih 30 menit baru sampai di Air Terjun Batanta tersebut. Saat ke lokasi air terjun tersebut, sebaiknya membawa bekal karena di lokasi Air Terjun Batanta ini tidak ada penduduk yang menjual makanan.